Cerita ekslusif Judika & Duma saat acara adat di Balige

Written by theadmin on. Posted in Our Story

Tiba di Medan Judika – Duma dan rombongan langsung menuju kampung Sihotang, tanah kelahiran Judika yang terletak di pinggir Danau Toba dan terpisah jauh dari tempat tinggal Duma.Menginjakan kaki di kampung Sihotang, Judika, Duma dan keluarga besar langsung bergegas berziarah ke makam keluarga Judika yang terletak di desa Sihotang.

Di mata Duma, melakukan ritual ziarah dan bercerita tentang para leluhurnya Judika membuat suatu kisah menarik tersendiri. Malamnya, di rumah Judika digelar ibadah dan mengundang masyarakat sekitar sekaligus temu sapa dan sedikit ucap syukur dari Judika dan Duma atas kebersamaan mereka dalam cinta.

Hari berikutnya dimulai, perjalanan menuju Balige kampung halaman Duma sekaligus menjadi tempat diselenggarakannya pesta Martupol. Perjalanan dari kampung Sihotang menuju Balige memakan waktu sekitar 4 jam menyeberangi Danau Toba.

Menjelang Martupol, Judika-Duma mulai gugup dan terharu karena keajaiban restu hubungan mereka saat ini menjadi sebuah kenyataan indah dengan serangkaian prosesi nilai adat dan ibadah yang akan mereka lewati.

Di Balige Judika dan Duma disibukan dengan pertemuan keluarga yang digelar saat makan malam bersama kedua keluarga besar dan membahas untuk Martupol yang esok harinya akan digelar.

Setelah acara di gereja selesai Duma dan Judika langsung berkeliling ke museum TB. Silalahi dan Museum Batak lalu setelah itu berkeliling meninjau beberapa lokasi yang akan disiapkan untuk acara pernikahan mereka pada 31 Agustus 2013 mendatang.

Lain hal dengan Judika-Duma, kedua keluarga besar melakukan pertemuan “rapat keluarga” untuk saling bertukar informasi mengenai kedua calon mempelai agar bila ada sesuatu yang mengganjal bisa diselesaikan sebelum hari pernikahan digelar.

Judika dan Duma melewati seluruh prosesi adat saat ini dan nanti yang akan digelar sampai dengan hari H dengan perasaan haru dan bahagia yang teramat sangat, karena setelah 5 tahun hubungan cinta mereka akhirnya gerbang menuju pernikahan sudah di depan mata disertai restu dan keterlibatan seluruh keluarga besar.

Judika-Duma, Martupol, Danau toba,  22 Agustus 2013 diceritakan oleh Joe – Akar-comm.com

Tags: , , , , , , , , , , ,

UA-25426705-12